Kenali Garansi Bebas Pengembalian di Shopee


Membeli barang secara online semakin menjadi preferensi masyarakat dalam berbelanja. Selain bisa menghemat waktu dan tenaga, layanan belanja online menawarkan beragam produk dari penjual dan kemudahan mencari barang yang diinginkan. Namun, setelah berbelanja kadang pesanan yang sampai ternyata tidak sesuai dengan keinginan atau kita jadi berubah pikiran dan ingin mengembalikan produk tersebut. 


Sebagai platform e-commerce yang berupaya memahami kebutuhan masyarakat Indonesia, Shopee melakukan eksplorasi dan menciptakan solusi untuk meningkatkan pengalaman belanja online pengguna dengan inovasi terbaru, Garansi Bebas Pengembalian. Program ini memungkinkan pembeli untuk melakukan pengembalian barang dengan mudah, tidak hanya ketika barang yang diterima tidak sesuai, tetapi juga ketika pengguna berubah pikiran saat pesanan sampai asal sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Dihadirkan sejak pertengahan Februari, program Garansi Bebas Pengembalian kini bisa dinikmati kapan saja oleh para pengguna. Selain memberikan kemudahan bagi pembeli, penjual juga akan mendapatkan keuntungan tambahan, yakni dapat menarik pembeli baru hingga memicu potensi pembelian berulang, melalui program itu. 

Director Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, "Menjadi destinasi e-commerce yang dapat menjawab berbagai permintaan masyarakat merupakan komitmen utama kami di Shopee." "Kami ingin para pengguna selalu merasakan pelayanan terbaik dan pengalaman menyenangkan dalam setiap kegiatan belanja online melalui segala program yang kami miliki, baik itu pembeli dan penjual," tambah Monica. Monica mengatakan, masukan yang disampaikan oleh pengguna menjadi inspirasi Shopee dalam berinovasi. 

Maka dari itu, program Garansi Bebas Pengembalian diciptakan untuk menambah kenyamanan dan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam berbelanja. Program ini diluncurkan sebagai bagian dari rangkaian kampanye Shopee 3.3, yang merupakan momen tepat untuk berbelanja berbagai produk fesyen lewat Shopee. "Selain menikmati ragam promo menarik, berbagai fitur dan kemudahan yang Shopee tawarkan ini diharapkan dapat terus menciptakan kenyamanan dan rasa aman untuk berbelanja online bagi seluruh ekosistem kami," kata Monica. Inovasi terbaru Garansi Bebas Pengembalian memberikan keuntungan dan kemudahan untuk meningkatkan pengalaman belanja online bagi pembeli maupun penjual. 

Inovasi Baru untuk Kenyamanan Belanja Pengguna Dengan Garansi Bebas Pengembalian, ketika barang yang sampai tidak sesuai dengan deskripsi atau foto maupun pengguna mendadak berubah pikiran, pengembalian barang dapat dilakukan dengan cara yang mudah sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Berikut langkah mudah dan praktis untuk menikmati belanja lebih nyaman dengan Garansi Bebas Pengembalian 1. Belanja produk yang tercantum label "Bebas Pengembalian" Ketika memilih produk yang ingin dibeli, pastikan produk memiliki label "Bebas Pengembalian", kemudian kamu bisa klik ikon Keranjang untuk memasukkan produk ke keranjang belanja Shopee atau klik "Beli Sekarang" di laman produk. Checkout belanjaan dan tunggu hingga pesanan sampai di tujuan. 2. Hanya satu langkah untuk mengembalikan pesanan Ketika pesanan sampai dan kamu berubah pikiran, kamu bisa mengajukan pengembalian barang dengan mengklik tombol "Ajukan Pengembalian" pada pesanan yang ingin dikembalikan. Klik "Saya telah menerima pesanan namun ada masalah" dan pilih "Bebas Pengembalian" saat memilih alasan pengembalian barang. Pastikan solusi yang tercantum di layar adalah "Pengembalian Barang & Dana" kemudian klik "Konfirmasi". 3. Pastikan telah mengikuti syarat & ketentuan yang berlaku Saat membuka paket, pastikan jangan sampai merusak bungkus dan melepas label barang. Pastikan barang yang dikembalikan ke penjual dalam kondisi yang sama seperti saat diterima dan menggunakan kemasan original seperti saat dikirim. Kamu bisa melampirkan video ketika membuka paket sebagai bukti pendukung permintaan pengembalian barang. Untuk syarat & ketentuan yang lebih lengkap, dapat kamu cek di sini! 4. Kirim kembali sebelum masa garansi berakhir Kirim paket yang ingin dikembalikan dalam waktu lima hari kerja dengan menggunakan opsi "Pengiriman" atau "Atur Sendiri". Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh penjual dan kamu akan menerima pengembalian dana melalui metode pembayaran yang tersedia di Shopee. 

Keuntungan dan Kemudahan bagi Penjual Tidak hanya bagi pembeli, Garansi Bebas Pengembalian juga memberikan keuntungan bagi para penjual. Bergabung di program ini dapat membantu para penjual untuk menarik hati lebih banyak pembeli baru dan memicu potensi pembelian berulang. Untuk mengawali langkah penjual dalam memanfaatkan program ini, berikut ini rangkaian dukungan Shopee kepada penjual agar proses yang dilalui dapat berjalan lancar. 1. Gratis biaya ongkos kirim pengembalian barang Penjual tidak perlu menanggung biaya kirim produk atas pengembalian dari pembeli. 

Ongkos kirim akan ditanggung Shopee dan pembeli yang akan mengatur pengiriman barang. 2. Gratis proteksi barang hilang maupun rusak Jika saat pengembalian barang, barang yang dikembalikan oleh pembeli hilang atau rusak, Shopee akan menanggung biaya kehilangan atau kerusakan senilai harga produk. 3. Perlindungan dari penyalahgunaan program Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli. Penjual dapat melakukan banding jika pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian. Penjual juga dianjurkan untuk membuat video unboxing saat menerima barang dari pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding. "Dengan adanya inovasi ini, kami berharap pengalaman belanja pengguna, baik penjual dan pembeli dapat semakin nyaman dan menyenangkan, serta Shopee dapat terus menjadi destinasi utama belanja online yang aman dan terpercaya," kata Monica. Saat ini, pengguna juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan di Shopee, khususnya produk fesyen terbaru! Tidak hanya bisa menikmati Garansi Bebas Pengembalian, kamu juga dapat memanfaatkan promo spesial dari Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang berlangsung hingga 3 Maret 2024. 

Kampanye ini menyediakan ragam inovasi dan inisiatif pada kategori fesyen serta berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati, yaitu Semua Diskon 50%, Serba 30RB, dan Garansi Bebas Pengembalian. Platform belanja online Shopee bikin heboh saat merilis program terbaru yaitu Garansi Bebas Pengembalian beberapa waktu lalu. Program ini memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang dengan alasan berubah pikiran. Lewat program ini pembeli bisa melakukan pengembalian barang dengan mudah, bukan hanya saat barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, tapi juga kalau pembeli berubah pikiran saat barang diterima. 

Hal ini pastinya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Shopee. Program Shopee ini disambut hangat dan penuh antusiasme oleh para pembeli! Bagaimana tidak? Hal ini menjawab keraguan banyak dari mereka yang masih saja bimbang dan ragu saat hendak berbelanja barang secara online. Lalu bagaimana dengan Penjual? Apa benar program ini hanya menguntungkan Pembeli saja? Di sisi lain, Garansi Bebas Pengembalian mendapatkan berbagai macam respon berbeda-beda dari para penjual. Ada yang mendukung program ini, karena membuka peluang lebih banyak menarik pembeli baru dan memicu potensi pembelian berulang. 

Namun beberapa ada juga yang mempertanyakan kebijakannya. Alasannya, mereka meragukan program ini dan merasa program ini hanya akan memberikan keuntungan bagi para pembeli saja dan ditambah lagi, kekhawatiran akan biaya tambahan yang mungkin dikenakan kepada penjual. Jika dilihat secara gambaran besar, penukaran barang dalam kegiatan berbelanja merupakan hal yang wajar aja, kan? Lalu, dimanakah titik masalahnya? 

Merasa was-was dengan hal baru yang belum kita pahami sepenuhnya, itu wajar banget. Nah, daripada salah paham, Berikut penjelasan lengkap tentang program Garansi Bebas Pengembalian untuk penjual. Empat kesalahpahaman yang masih sering ditemukan dalam program ini: 1. "Rugi dong penjual! kalau hanya 1 dari banyak barang yang konsumen ingin ajukan pengembalian, apakah semua barang harus ikut dikembalikan?" Sejak tanggal 15 Februari kemarin, pembeli tidak perlu lagi untuk mengembalikan seluruh barang yang dibeli saat ingin menggunakan Garansi Bebas Pengembalian. Untuk kenyamanan bersama, saat ini pembeli sudah dapat mengajukan pengembalian barang/dana untuk beberapa kuantitas saja. Nah, tentunya pembaharuan ini bikin untung! Karena proses dan penggunaan Garansi Bebas Pengembalian jadi lebih efektif dan efisien. Beberapa barang yang tidak termasuk dalam pengajuan pengembalian barang/dana tetap terjual. 2. "Rugi dong penjual! Kena ongkos kirim berkali-kali!" 

Tahukah kamu? Bahwa pada program Garansi Bebas Pengembalian "Berubah Pikiran" ini, penjual tidak perlu menanggung biaya ongkos kirim produk atas pengembalian dari pembeli. Sampai akhir Maret ini, jika ada penjual yang menemukan ongkos kirim dibebankan kepada penjual untuk pengembalian barang "Berubah Pikiran" pada program Garansi Bebas Pengembalian, Shopee akan mengembalikan dana ongkos kirim dalam 1- 3 hari ke saldo penjual tanpa perlu melakukan permintaan apapun, Ke depannya, mulai April 2024, pengembalian barang dan dana dengan alasan "Berubah Pikiran" akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee. Sistem Shopee secara otomatis tidak akan menagihkan ongkos kirim kepada penjual. 3. "Rugi dong penjual! Ini bisa jadi celah buat pembeli melakukan kecurangan saat mengembalikan barang!" Tenang, agar program ini memberikan keuntungan bagi semua pihak dan tidak merugikan pihak manapun, Shopee memiliki sistem untuk memantau performa setiap akun agar meminimalisir adanya kecurangan dalam proses Garansi Bebas Pengembalian. 

Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat & ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli. Penjual dapat melakukan banding jika pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian. Penjual juga dianjurkan untuk melakukan video unboxing saat menerima barang dari pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding. 

Perlu dicatat! Bahwa hanya pembeli yang memenuhi syarat saja yang bisa mendapat keuntungan dari program Garansi Bebas Pengembalian. Shopee akan melakukan pemblokiran pada pembeli yang tidak memenuhi syarat atau diketahui pernah menyalahgunakan program ini. 4. "Rugi dong penjual! Masa kita harus pasrah aja sih? Misal balikin banyak, belum lagi ada paket yang hilang atau rusak pas dibalikin ke kita padahal di awal barangnya baik-baik saja. Apakah penilaian Shopee adil?" Intinya, Shopee akan terus memberikan edukasi kepada pembeli terkait syarat dan ketentuan program Garansi Bebas Pengembalian, baik untuk menjaga kondisi produk sama seperti yang dikirimkan, pengemasan produk termasuk label produk/merek harus tersegel dengan baik, dan lainnya.

Bahkan, Shopee juga memberikan kesempatan kepada penjual untuk melakukan banding atas keputusan agen Shopee setelah menerima pengembalian produk dari pembeli. Shopee juga terus berupaya melakukan perbaikan atas SOP yang ada sebagai panduan agen untuk memastikan pengambilan keputusan yang tepat atas permohonan pengembalian barang/dana. Jika penjual mengalami kendala dalam melakukan banding, maka bisa menginformasikan kepada tim customer service Shopee. Kemudian, apabila penjual yang terbukti benar dan memenangkan banding, maka penjual akan mendapatkan hasil penjualan dan pengembalian ongkos kirim kembali.

Dengan begitu, kehadiran program Garansi Bebas Pengembalian bukan hanya memberikan keuntungan bagi konsumen semata, melainkan juga kepada penjual di platform Shopee. Program ini bisa membantu penjual untuk menyasar calon-calon pembeli yang sebelumnya ragu-ragu untuk membeli barang secara online dan meningkatkan keyakinan mereka. Belanja online pun bisa lebih mudah, mengasyikan dan terpercaya. Program Garansi Bebas Pengembalian juga bisa meningkatkan pembelian berulang karena tingkat kepuasan pembeli yang lebih tinggi. Jadi sudah tidak ragu bukan untuk berbelanja dan berjualan di Shopee?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wow! Traveloka Luncurkan Fitur Online Check-In

Nonton Film Horor dari Rumah Saja

Indosat Berikan Bonus Bagi Pelanggan Setia-nya